BerandaBakti TNI PolriIsu Tata Ruang Batam Trending Topic di Grup WA Pemerhati Lingkungan

Isu Tata Ruang Batam Trending Topic di Grup WA Pemerhati Lingkungan

contoh peta dasar ( Kiri, peta rupabumi. Kanan, Peta Topografi )

BATAM | Bermula dari obrolan seputar reklamasi, yang berujung kepada peruntukan lokasi reklamasi dan berujung kepada seputar pertanyaan tentang Tata Ruang Kota Batam. Sebuah statemen menarik datang dari  Ketua KPLHI Batam Azhari Hamid bahwa dirinya akan memulai mencari penjelasan tentang tata ruang kota Batam. 

” Mungkin ada yang ingat dengan tim 9 yang dibentuk Pemko Batam dan Bapedal jadi leading sektornya. Saya akan mulai dari situ kayaknya.” demikian Azhari berkomentar di grup tersebut. 

Di kaitkan dengan tata ruang dari BP Batam, Azhari dengan tegas mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui tentang Tata Ruang BP Batam. 

Batam, dengan dua institusi BP Batam dan Pemko Batam selama ini memang dikenal sangat tidak transparan tentang Tata Ruang. Distribusi Spasial yang merupakan bagian penting dari Tata Ruang Kota hanya disajikan dalam bentuk skala kecil 1 : 250.000 yang  peruntukannya sebenarnya jika mengacu kepada peraturan adalah skala untuk peta dasar tata ruang Provinsi. 

Dasar untuk melaksanakan tata ruang Kota sendiri secara jelas harus mengacu kepada peta dasar dengan skala 1 : 50.000. Skala ini memang menjadi skala standar untuk bisa membaca topografi suatu wilayah dengan tingkat kesalahan yang rendah.  Bagi seorang penjelajah rimba, peta skala ini cukup untuk melakukan plotting dan navigasi darat. Berguna untuk mencegah terjadinya nyasar di belantara rimba. Namun entah kenapa, mencari peta topografi dengan skala 1 : 50.000 di Batam sama dengan mencari jarum di tumpukan jerami.  (007)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img