BerandaBakti TNI PolriDiskominfotik Bakal Sewa Bandwidth Tinggi untuk Pelayanan BPJS Kesehatan RSUD Anambas

Diskominfotik Bakal Sewa Bandwidth Tinggi untuk Pelayanan BPJS Kesehatan RSUD Anambas

Rumah Sakit Umum Provinsi, Ahmad Tabib. Foto : Ismail/kepripedia.com

ANAMBASBeritabatam.com | Guna mengatasi masalah pelayanan BPJS Kesehatan RSUD Palmatak, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) akan segera menyewa bandwidth berkecepatan tinggi (30 Mbps Dedicated) untuk mengakomodir pelayanan BPJS kesehatan RSUD yang berada di Anambas.

Hal ini juga diberlakukan untuk RSUD Jemaja di Jalan Padang Melang, Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja yang saat ini masih mengalami lambatnya akses jaringan internet.

“Dalam waktu yang tidak lama lagi, diperkirakan akhir bulan April, tower yang dibangun oleh Moratel di Bukit Bayur dan Batu Berapit di Jemaja akan rampung, dan setelah itu kita akan menyewa bandwidth yang berkecepatan tinggi khusus untuk akses internet pelayanan BPJS Kesehatan,” kata Jefrizal kepada sejumlah media, Sabtu (29/02/2020).

Menurutnya, untuk mengantar internet ke wilayah yang sedang mengalami kendala kecepatan akses, tidak dapat dilakukan jika tidak tersedia infrastruktur seperti tower atau fiber optik oleh operator sebagai media penghubungnya, karena sampai kapanpun internet cepat tidak akan bisa sampai di suatu daerah jika tidak ada operator, dan untuk membangun itu tentu butuh waktu penyelesaian pekerjaannya.

“Insya Allah kalau tidak ada halangan seperti cuaca, maka pekerjaan akan siap di akhir bulan Maret dan bulan April, kita akan alokasi sewa bandwidth operator untuk kebutuhan RS tersebut, sehingga apa yang menjadi kebutuhan rumah sakit salah satunya kebutuhan jaringan untuk layanan aplikasi BPJS kesehatan akan terpenuhi,” terang Jefrizal.

Lebih lanjut Jefrizal mengatakan, untuk ke depan pihak Telkom group akan mengelar kabel optik dalam memperluas jaringan layanan Indi Home di Kecamatan Palmatak dan Kute Siantan, dan itu akan terealisasi setelah selesai pekerjaan pergelaran kabel optik Telkom pada kedua kecamatan tersebut.

“Jika perangkat ini sudah tersedia, maka selain dapat dinikmati oleh masyarakat umum, pihak pemda juga bisa menyewa akses internet untuk kebutuhan kantor camat dan desa,” lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Hariyantosyah selaku Koordinator tim BPJS Kesehatan mengeluhkan kurangnya akses internet yang hampir kurang dari 3 tahun dalam pelayanan di RSUD Palmatak Jalan Datok Lamin nomor 03 Desa Payalaman Kecamatan Kute Siantan yang belum mendapatkan jaringan selayaknya.

“Kendala kami saat ini hanyalah akses internet untuk penginputan kartu BPJS atau kartu JKN-KIS dalam pembuatan Surat Elegibilitas Peserta (SEP) yaitu surat bukti penjaminan dari BPJS Kesehatan saat pasien pergi berobat,” sebut Ari kepada awak media, Rabu (26/02/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, Heriyanto mengatakan selama ini pihak rumah sakit masih menggunakan layanan internet melalui telkomsel. Mengenai keluhan pelayanan, lanjut Heriyanto, pihak RSUD juga telah menyurati Diskominfotik untuk menggesa penggunakan akses internet berkecepatan tinggi.

“Selama ini memang tidak ada jaringan internet, pihak RSUD sudah menyurati Kominfo, terkait dengan pelayanan BPJS masih memakai jaringan telkomsel,” ujar Heriyanto melalui perangkat whatsappnya.

Kominfo Kepriprov

Editor: Ray

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img