BerandaNASIONAL177 Rumah Warga di Desa Karangsono, Mranggen, Demak Rusak Diterpa Puting Beliung

177 Rumah Warga di Desa Karangsono, Mranggen, Demak Rusak Diterpa Puting Beliung

BERITABATAM.COM, Demak – Hujan lebat disertai angin puting beliung membuat sejumlah rumah warga Desa Karangsono, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, sejumlah pohon juga ikut tumbang akibat terpaan angin ini.

Danramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Kapten Arm Sukartiyo mengatakan, persitiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.45 WIB.

Hujan dan angin membuat 177 rumah rusak dan roboh, pohon tumbang, jaringan listrik padam, 15 Linggan (tempat pembuatan bata) rusak, dan 1 orang warga mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan rumah.

“Rumah warga yang rusak dan roboh berada di wilayah RT 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12 RW 2 Desa Karangsono,” ungkapnya saat meninjau lokasi, Selasa, 23 Februari 2021.

Sebagian besar kerusakan rumah warga akibat angin puting beliung ini berada pada bagian atap. Genteng berhamburan dan ada juga yang dinding rumah rusak parah. Bahkan ada bangunan yang hancur rata dengan tanah.

Akibat bencana ini, sejumlah warga mengungsi ke Balai desa setempat. Ada juga yang mengungsi ke rumah saudara dan tetangganya yang aman dari terpaan puting beliung ini.

“Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Hanya ada satu korban luka ringan, yaitu pengendara sepeda motor, bukan warga setempat, yang kebetulan melintas di kawasan tersebut. Dirinya tertimpa galvalum yang terbang tersapu angin. Dan saat ini sudah dirawat di Puskesmas Karangawen I,” sambung Kapten Sukartiyo.

Untuk rumah warga yang mengalami roboh total, menurut Kapten Sukartiyo, ada dua rumah. Sementara untuk rusak berat dan rusak ringan ada 175 rumah.

“Rencana besok kita akan adakan kerja bhakti bersama disini. TNI, Polri, BPBD dan instansi lain akan bersama-sama mengevakuasi rumah warga yang rusak. Dan semoga warga yang mengalami kejadian ini diberikan kesabaran dan ketabahan. Amin,” tutupnya. (r/makruf)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img