Beranda GAYA HIDUP KESEHATAN Benarkah Lemak di Sekitar Perut Timbulkan Penyakit Jantung?

Benarkah Lemak di Sekitar Perut Timbulkan Penyakit Jantung?

BERITABATAM.COM, BATAM – Perut buncit tidak hanya berpengaruh pada penampilan, tapi juga bisa menjadi penanda bahwa tubuh sedang tidak sehat.

Tumpukan lemak di sekitar perut dapat menimbulkan beberapa risiko terserang penyakit.

Medical News Today mengatakan bahwa lemak di sekitar perut mampu memproduksi hormon yang mengganggu kesehatan jantung dan kesehatan bagian tubuh yang lain. Jenis lemak itu sangat responsif terhadap makanan yang Anda konsumsi.

Karena itu, tak heran jika banyak pria maupun wanita yang sering mencari cara, dan siap melakukan apapun untuk menghilangkan perut buncit.

Memang, ada banyak cara untuk mengatasi perut buncit. Selain memperhatikan asupan makanan, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat cara mengatasi perut buncit tanpa olahraga:

1. Konsumsi Lemak Sehat

Medical News Today merekomendasikan cara mengatasi perut buncit dengan mengonsumsi lemak sehat. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans karena bisa meningkatkan resiko stroke, penyakit jantung, dan obesitas.

Beberapa makanan yang mengandung banyak lemak sehat adalah alpukat, telur, lemak ikan, dan lain sebagainya.

Selain itu, memasukkan sumber makanan yang mengandung lean protein atau protein rendah lemak juga bisa Anda coba.

2. Konsumsi Sayur dan Buah.

Jika Anda serius ingin jauh-jauh dari perut buncit, cobalah untuk mengonsumsi sayur dan buah. Jenis makanan itu mengandung lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Serat dalam buah dan sayur berguna untuk mengurangi lemak perut dan menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin, risiko diabetes dan obesitas dapat berkurang.

3. Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada yang tubuh Anda butuhkan dapat mengakibatkan kalori defisit.

Saat hal itu terjadi, tubuh akan membakar lemak berlebih yang tersimpan dalam tubuh Anda untuk dipakai sebagai energi.

4. Hindari Pemanis Tambahan.

Anda sebaiknya konsisten menghindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis tambahan.

Ketika kita mengonsumsi jenis makanan tersebut, resistensi insulin dan inflamasi dalam tubuh akan meningkat sehingga lemak perut pun bertambah.

Sebelum mengonsumsi makanan dan minuman apa pun, cobalah untuk mengecek label konsumsi. Selain itu, hindari menambahkan gula pada teh, kopi, atau makanan dan minuman lain yang Anda konsumsi sehari-hari. (kmg)

- Advertisment -