BerandaEKONOMINilai Tukar Rupiah Menguat Tipis

Nilai Tukar Rupiah Menguat Tipis

BERITABATAM.COM, Jakarta – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) di perdagangan sore ini ditutup menguat tipis di level Rp14.085 per USD dibanding penutupan sebelumnya di level Rp14.092 per USD.

Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup menguat direntang Rp14.050 hingga Rp14.100 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, Bank Indonesia sudah beberapa kali menurunkan suku bunga acuan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu memulihkan ekonomi dari pandemi Covid-19 dan menstabilkan mata uang Rupiah.

“Penurunan suku bunga BI tidak dibarengi dengan penurunan suku bunga kredit perbankan, alhasil apa yang dilakukan oleh Bank Indonesia tidak berjalan sesuai dengan regulasi yang diinginkan oleh Gubernur BI,” ujarnya dikutip merdeka.com, Rabu 24 Februari 2021.

Dengan tidak diturunkannya suku bunga kredit perbankan, membuat Bank Indonesia kecewa dan mengharapkan agar perbankan baik plat merah maupun swasta mengikuti dengan menurunkan suku bunga kredit sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Bank Indonesia dengan menurunkan suku bunga acuan.

“Apabila perbankan tidak menurunkan suku bunga kredit maka masyarakat atau pengusaha akan terbebani dengan bunga yang tinggi. sehingga masyarakat dan pengusaha enggan untuk meminjam dana di perbankan,” jelas Ibrahim.

Ibrahim melanjutkan, konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat akan berjalan apabila perbankan menurunkan suku bunga kredit. Sebab, variabel paling sensitif atau elastisitasnya paling tinggi terhadap pertumbuhan kredit adalah konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat.

“Oleh karena itu perbankan harus berkomitmen untuk terus menjadi mitra bisnis strategis pemerintah dalam kaitannya dalam penyaluran berbagai stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan tujuan meningkatkan konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat yang pada ujungnya diharapkan mampu mengerek deman kredit secara nasional,” tandasnya. (*)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img