BerandaKEPRIKARIMUNAnsar Ahmad: Tangkap Aspirasi Masyarakat dan Kompromikan dengan Dewan

Ansar Ahmad: Tangkap Aspirasi Masyarakat dan Kompromikan dengan Dewan

BERITABATAM.COM, KARIMUN – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka secara resmi Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Kabupaten Karimun Tahun 2021, di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun, Rabu, 17 April 2021.

Pada kesempatan tersebut Ketua beserta anggota DPRD Karimun, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepri, FKPD Karimun dan Sekdakab Karimun serta OPD Kabupaten Karimun.

Peserta Musrenbang berjumlah 135 orang terdiri dari anggota DPRD Karimun, pimpinan OPD Karimun, sejumlah perwakilan instansi vertikal, BUMD Karimun, mahasiswa, perbankan dan Organisasi Massa Karimun.

Acara ini berlangsung selama tiga hari (17-19 Maret 2021).

Dalam Musrenbang tersebut, selaku Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Muhammad Yusuf Sirat menyampaikan rincian pokok-pokok pikiran dan hasil reses DPRD Kabupaten Karimun yang terdiri dari seluruh dapil.

Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Musrenbang merupakan amanat dari undang-undang no 25 tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah. Proses perencanaan pembangunan daerah telah kita mulai sejak musrenbang kelurahan dan desa, musrenbang kecamatan dan forum OPD, dan pada hari ini melalui Musrenbang tingkat kabupaten, kemudian akan dilanjutkan hingga musrenbang tingkat provinsi dan nasional,” kata Rafiq dikutip dari lendoot.com.

Musrenbang tingkat kabupaten memiliki fungsi strategis dan penting karena dalam tahapan ini kita bersama-sama akan mensinkronkan dan merumuskan usulan prioritas pembangunan daerah yang dihasilkan dari usulan masyarakat, usulan pokir dan hasil reses, yang dipadukan dengan rancangan rencana kerja perangkat daerah, untuk kemudian dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah kabupaten karimun tahun 2022.

Hasil dari musrenbang hendaknya mendukung sasaran dan arah kebijakan yang benar-benar mendorong pencapaian target kinerja pemerintah daerah. Dengan memperhatikan waktu dan biaya yang wajar, efisien, serta azas kepatutan atau dikenal dengan istilah “smart” (specific, measurable, achievable, realistic and timely).

Di samping itu rencana kerja yang disusun haruslah bersifat holistik, integratif, tematik dan spasial atau disingkat “hits” untuk menjamin agar rencana kerja yang dipilih saling melengkapi dan mendukung, serta memiliki benang merah untuk mencapai tujuan yang sama sebagaimana yang telah ditetapkan.

Sesuai dengan tema pembangunan tahun 2022 adalah pemulihan ekonomi dan kesehatan serta pemerataan pembangunan Kabupaten Karimun yang berkeadilan.

Melalui tema ini, diharapkan dalam melaksanakan musrenbang, kita mampu menerjemahkan dalam program, kegiatan dan subkegiatan yang mendukung pemulihan dampak pandemi covid-19 dari segala aspek kehidupan.

Gubernur Ansar Ahmad membuka kegiatan Musrembang Kabupaten Karimun tahun 2021 dengan di tandai pemukulan gong.

“Musrenbang ini adalah musyawarah. Mari kita ubah alur pikir kita, bagaimana dalam waktu singkat kegiatan ini mampu memberikan manfaat. Sejauh mana rencana dapat direalisasikan dan bermanfaat, demikian diungkapkan Gubernur Kepulauan Riau,” ujarnya.

“Kita tangkap aspirasi masyarakat. Kita kompromikan dengan dewan. Terus kita anggarkan. kita pikirkan bagaimana memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujar Ansar lagi.

Gubernur menjelaskan, pembangunan daerah merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan pemerintah yang diserahkan kepada pemerintah daerah sebagai bagian integral dari Perencanaan Pembangunan Nasional.

Prioritas pembangunan pada tahun 2022, sebagai berikut:

  1. Pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan umkm dan penguatan ketahanan pangan;
  2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui penguatan kesehatan, pendidikan, dan ketenagakerjaan;
  3. Percepatan pembangunan infrastruktur yang berkeadilan;
  4. Perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik. (*)
ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img