BerandaGAYA HIDUPCara Membuat Dodol Labu Kuning yang Manis dan Legit

Cara Membuat Dodol Labu Kuning yang Manis dan Legit

BERITABATAM.COM JAKARTA – Tentunya banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan makanan khas yang satu ini yaitu dodol yang mempunyai rasa manis dan legit.

Dodol sekarang juga sudah dapat kita temukan dengan berbagai macam variasi rasa dan juga bahan utamanya. Dan berikut ini kita akan membuat dodol dengan menggunakan labu kuning sebagai bahan utamanya.

Kalau kalian penasaran bagaimana proses pembuatannya, kalian bisa simak resep dodol labu kuning dan cara membuatnya di bawah ini seperti dikutip dari idtimes.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Labu kuning 250 gram

Margarin 100 gram

Tepung terigu 225 gram

Gula pasir 250 gram

Agar-agar bubuk putih 1 bungkus

Air 700 ml

2. Kukus labu kuning lalu haluskan

Pertama-tama ambil labu kuning dan kupas kulitnya. Setelah itu potong-potong labu sesuai dengan selera. Kemudian kukus potongan labu kuning tersebut hingga matang dan lunak.

Setelah dirasa telah matang dan lunak, angkat labu kuning dari dalam kukusan lalu tumbuk dan haluskan labu kukus hingga lembut. Untuk menghaluskannya kalian bisa menggunakan ulekan atau bisa juga dengan menggunakan punggung sendok.

Setelah halus, tambahkan tepung terigu ke dalam labu kuning halus dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Selanjutnya rebus air dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut. Tambahkan margarin dan agar-agar bubuk ke dalam rebusan air. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Angkat.

Kemudian masukkan campuran labu kuning halus ke dalam panci dan aduk-aduk sebentar. Lalu tuangkan campuran labu kuning halus dengan cairan agar-agar, aduk hingga tercampur rata.

Setelah rata, kecilkan api dan masak sambil terus diaduk-aduk hingga adonan menjadi matang dan kalis. 

4. Dinginkan adonan lalu potong-potong

Kalau sudah, angkat dan tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan menggunakan plastik dan sudah diolesi minyak secukupnya. Lalu ratakan adonan dan biarkan hingga adonan dingin.

Setelah dingin langsung keluarkan adonan dari dalam loyang dan potong-potong dodol dengan ukuran 1×5 cm. Bungkus dodol dengan menggunakan plastik tebal dan rapikan setiap ujungnya.

5. Taruh dalam piring dan sajikan

Kemudian taruh dan tata dodol di atas piring. Dan dodol labu kuning pun siap untuk disajikan.

Kalian juga bisa menyimpan dodol labu kuning di atas di dalam stoples untuk nanti disajikan saat sedang bersantai. Selamat mencoba. (*)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img