BerandaGAYA HIDUPPapeda Ialah Salah Satu Kuliner Khas Papua dan Maluku

Papeda Ialah Salah Satu Kuliner Khas Papua dan Maluku

BERITABATAM.COM, JAKARTA – Makanan papeda kini tak jarang kita jumpai dijual oleh pedagang keliling sebagai camilan ringan yang biasa dikonsumsi anak-anak. Tapi tahukah kamu dari mana asal papeda?

Papeda berasal dari Maluku, Papua, dan beberapa daerah di Sulawesi, merupakan makanan pokok dan kuliner khas di sana. Di kalangan suku Toraja, bentuk makanan ini dikenal dengan nama Pogalu atau Kapurung.

Papeda merupakan makanan berupa bubur sagu yang kerap dimakan bersama mubara atau ikan tongkol yang dibumbui dengan kunyit. Papeda bentuknya menyerupai gel atau pasta.

Dilansir dari laman Kemendikbud , papeda dikenal luas dalam tradisi masyarakat adat Sentani dan Abrab di Danau Sentani dan Arso, serta Manokwari dan hadir pada acara-acara adat yang penting.

Makanan papeda juga kerap dinikmati dengan sayur yang diolah dari daun melinjo muda atau disebut dengan sayur ganemo. Menurut Indonesia.go.id papeda disantap dengan menggunakan sepasang sumpit atau dua garpu khusus.

Caranya yaitu dengan menggulung-gulung hingga bubur papeda melingkari sumpit atau garpu, kemudian diletakkan di piring dan disantap bersama kuah kuning. Karena teksturnya yang lembut membuat papeda tak perlu dikunyah, dan dapat langsung diseruput maupun ditelan.

Tidak hanya lezat dan unik, papeda juga memiliki manfaat kesehatan, dalam Jurnal sejarah menyebutkan dalam dalam 100 gram sagu, terkandung kalori sebesar 209 kkal, protein 0,3 gram, karbohidrat 51,6 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 13 miligram, dan zat besi 0,6 miligram.

Selain itu di dalam Tepung Sagu juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, sagu kehadiran manfaatnya sebagai sumber utama karbohidrat atau pangan pokok, mengatasi pengerasan pada pembuluh darah, mengatasi sakit pada ulu hati, dan perut kembung.

Mengonsumsi Papeda secara rutin dipercaya mampu menghilangkan penyakit batu ginjal karena sifat Papeda yang mampu berperan sebagai pembersih organ-organ di dalam tubuh manusia.

Bagi yang sering merokok, dianjurkan juga mengonsumsi pangan khas Papua yang satu ini karena mampu secara perlahan membuat bentuk supaya bersih paru-paru. (*)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img