Beranda ENERGI PERISTIWA Bedakan Antara Masjid dan Pasar, Pengurus Masjid Usir Jamaah Karena Pakai Masker

Bedakan Antara Masjid dan Pasar, Pengurus Masjid Usir Jamaah Karena Pakai Masker

BERITABATAM.COM, BEKASI – Sebuah video pengurus masjid mengusir jemaah viral di media sosial.

Dalam video tersebut, pengurus masjid mengusir jemaah yang memakai masker saat hendak salat.

Rekaman video viral itu terjadi di Masjid Al Amanah Harapan Indah Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 27 April 2021 siang.

Diduga pengurus masjid bersama orang lainnya berpakaian kuning dan hitam meminta pria itu melepaskan maskernya saat berada di masjid tersebut.

Dilansir dari Tribunnews.com, dalam perkataannya pada video berdurasi 02.20 menit, pengurus masjid itu menyebut aturan di masjid ini tidak boleh memakai masker.

Alasannya, tindakannya itu untuk membedakan antara masjid dan pasar.

Namun, pria bermasker itu enggan membuka penutup hidung dan mulutnya tersebut.

“Silakan keluar saja kalau enggak mau ikut aturan di sini. Jangan salat di sini,” ucap pengurus masjid itu.

Pria bermasker itu menjawab bahwa masjid ini tempat umum dan memakai masker sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Ini tempat umum, saya cuman mau salat. Saya ikutin aturan pemerintah harus pakai masker, laporin ke polisi aja nih,” kata pria itu.

“Ulama juga punya aturan, silakan ke polsek ke kapolsek sana. Kita punya aturan juga, aturan ulama lebih tinggi daripada pemerintah,” kata pengurus lainnya.

Dalam akhir video, suasana semakin tegang. Jamaah lainnya berpakaian merah mengusir pria itu agar keluar masjid jika masih tetap memakai masker.

“Mau lu apa, mau lu apa di sini apa susahnya sih bukan masker doang. Kita ada aturan,” ucapnya.

Perempuan yang berada di belakang pria bermasker itu berusaha melerainya dan mempertanyakan soal aturan dilarang memakai masker di masjid.

Alasannya, aturan melarang pakai masker itu bertentangan dengan pemerintah yang mewajibkan memakai masker sebagai penerapan protokol kesehatan termasuk di masjid.

“Ya udah sabar aja pak, saya tegasin ya ini kan direkam. Berarti masjid ini melarang orang pakai masker ya,” kata perempuan tersebut.

Bagikan masker

Sementara itu, Kapolsek Medan Satria Polres Metro Bekasi Kota, Agus Rohmat, membenarkan peristiwa pengusiran jamaaah yang memakai masker di masjid oleh pengurus masjid.

Peristiwa itu terjadi di Masjid Al Amanah, Kelurahan Medansatria, Kecamatan Medansatria pada Selasa, 27 April 2021 pukul 14.30 WIB.

“Iya benar kejadian video viral itu, sudah kita sering ingatkan dan tegur keras itu,” kata Agus saat dikonfirmasi, Minggu 2 Mei 2021.

Dia menjelaskan, pengurus masjid itu bernama Ustaz Abdurohman sudah sering ditegur.

Menurut dia, Polsek Medan Satria kerap memberikan masker dan disinfektan di masjid tersebut.

“Waktu itu sudah ada perubahan, kemarin ada kejadian ini saya kaget juga, dan pada saat itu saya langsung tegur dan saya mediasi kedua belah pihak,” ujarnya.

Agus mengatakan, kejadian ini diharapkan menjadi yang terakhir kali.

Pengurus masjid tidak boleh melarang jamaah memakai masker, bahkan harus mewajibkan jamaah memakai masker karena situasi pandemi corona.

Selain itu, masjid juga menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan, mengecek suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan kepada jamaah masjid.

“Maka kita buat kesepakatan bersama, pengurus masjid tidak boleh melarang lagi jamaah pakai masker. Jika ini dilanggar tentu ada konsekuensi hukumnya,” tutur dia. (***)

- Advertisment -
- Advertisment -