BerandaEKONOMIIni Tiga Peluang Usaha yang Masih Menjanjikan di Masa Pandemi

Ini Tiga Peluang Usaha yang Masih Menjanjikan di Masa Pandemi

BERITABATAM.COM, JAKARTA – Saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, kita saksikan banyak sekali usaha bangkrut. Dampaknya, tak sedikit langkah pengurangan tenaga kerja dilakukan. Hanya sedikit usaha yang dapat bertahan tentunya dengan pola pengelolaan yang kreatif, dan adaptif.

Bagi yang kena PHK, misalnya, untuk dapat bertahan hidup mereka berusaha mencari pekerjaan, tapi mencari pekerjaan sat ini bukanlah mudah. Meskipun membutuhkan tenaga kerja, namun perusahaan hanya melakukan perekrutan terbatas.

Akibatnya, sebuah lowongan kerja akan diserbu oleh ribuan pelamar dari seluruh Indonesia dalam waktu singkat. Kondisi ini, menuntut kita agar lebih kreatif dalam mencari pundi-pundi rupiah.

Tak sedikit juga orang-orang kreatif yang saat usaha yang digelutinya bangkrut, dia langsung banting setir ke jenis usaha yang lain, yang dianalisa cocok saat kondisi Pandemi Covid-19 ini.

Misalnya saja, yang awalnya menggeluti usaha perhotelan, kini berubah menjadi usaha penginapan untuk isolasi mandiri pasien Covid-19.

Founder Cerdas Keuangan dan Senior Consultant Erlina Juwita di laman lifepal.co.id mengatakan usaha yang cocok di masa pandemic adalah semua usaha yang dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini. Tentunya dengan cara melakukan inovasi-inovasi lainnya.

Berikut ini merupakan jenis usaha yang cocok dijalani seperti saat pandemi Covid-19:

Usaha Kuliner

Semua orang butuh makan! Itu kata kuncinya. Saat pandemi, usaha kuliner adalah salah satu jenis usaha yang masih bisa dijalankan dan diizinkan untuk berjalan. Pasalnya, bisnis makanan atau kuliner merupakan jenis usaha yang tak pernah redup eksistensinya. Semua orang pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Karena itu, tak ada salahnya saat pandemi mencoba peruntungan membuka usaha kuliner untuk menambah penghasilan. Kamu bisa mencoba mencarai ide jenis usaha kuliner yang paling laku saat pandemi dan bisa dijual secara online maupun langsung.

Dengan memerhatikan kualitas dan kebersihan, jenis usaha kuliner yang paling laku di masa pandemi ini bisa sangat menguntungkan. Jenis usaha kuliner yang paling laku di masa pandemi juga bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan makanan dengan mudah.

Jualan Pulsa dan Paket Data

Walau kondisi pandemic, berjualan pulsa dan paket data pasti masih sangat diperlukan masyarakat. Inio sudah menjadi kebutuhan di era teknologi, bahkan sebagian menyebut pulsa dan paket data adalah kebutuhan primer.

Terdengarnya memang sederhana. Hanya saja, siapa sangka kalau sudah dijalankan dan punya pelanggan tetap, bisnis pulsa dan paket data bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Karena semua serba virtual dan online, pengguna internet jadi semakin meningkat. Sekarang bahkan anak-anak TK dan SD sudah membutuhkan internet untuk mengakses pembelajaran online karena belajar dari rumah. Apalagi, jika lingkungan rumahmu jauh dari penjual pulsa dan kuota, dagangan pasti akan laris manis.

Jualan Masker dan Hand Sanitizer

Masker dan hand sanitizer merupakan barang yang saat ini banyak dicari orang. Saat awal pandemi sampai kini, kedua barang ini terbilang banyak peminatnya. Bahkan masker sempat langka karena tingginya permintaan.

Masker dan sanitizer selalu digunakan. Berjualan masker dan sanitizer punya peluang yang masih cukup bagus untuk saat ini.

Kreativitas dibutuhkan, agar masker lebih diterima pasar dan digemari sehingga laris manis, ada baiknya kamu membuat masker custom yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan minat fashion pelanggan.

Jika tak bisa menjahit, kamu masih bisa menggandeng penjahit setempat untuk memproduksi masker. Penjualan pun bisa menjangkau seluruh Indonesia melalui marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya. (***)

Selamat Mencoba Berusaha, Semoga Berhasil!

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img