BerandaKEPRILINGGABupati Kabupaten Lingga Resmikan Pasilitas Air Bersih di Singkep Selatan

Bupati Kabupaten Lingga Resmikan Pasilitas Air Bersih di Singkep Selatan

BERITABATAM.COM, Lingga – Dalam rangka menyambut peringatan HUT Kabupaten Lingga Ke-18, Bupati Lingga Muhammad Nizar S. Sos bersama Ketua DPRD Kabupaten Lingga Muhammad Nashirudin dan OPD terkait beserta rombongan lainnya menggelar kegiatan peresmian pembangunan sekaligus penggunaan sarana air bersih bagi warga masyarakat Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan Kabupaten Lingga.

Dalam sambutannya, Bupati lingga Muhammad Nizar S.Sos mengatakan, hadirnya sarana air bersih di singkep selatan khususnya di desa Marok kecil pada saat ini, tentunya tidak terlepas dari jasa salah seorang tokoh masyarakat desa sini juga yakni bapak Idris.

Beliau yang sebelumnya telah sudi menghibahkan sebagian lahan miliknya untuk pembangunan sarana dan prasarana air bersih untuk kebutuhan masyarakat yang nantinya, inshaaaAllah akan tersalurkan hingga ke pusat ibu kota kecamatan singkep selatan, ucap Bupati pada Saptu, 20 September 2021.

Dilanjutkan Nizar, tersedianya sarana air bersih di kecamatan singkep selatan adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari hari.

Dan saat ini sudah dapat dipergunakan sesuai harapan.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Kadis, Kabid, Kasi dan para Stafnya PU-PR Kabupaten Lingga, karena tanpa usaha dan kerja keras mereka serta mendengarkan kata-kata pak mantan Bupati lingga yakni H. Alias Wello dan saya maka ketersediaan sarana air bersih untuk Desa Marok Kecil dan pada umumnya wilayah kecamatan singkep selatan belum tentu juga terwujud seperti sekarang ini.

Semoga pak Idris beserta keluarga yang telah ihklas menghibahkan lahannya ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kita disini, dan pahalanya akan mengalir hingga seterusnya, tutur Muhammad Nizar.

Ia juga mengatakan, Sumber air bersih Desa Marok Kecil bersumber dari anggaran Dana Alokasi Kusus (DAK) Tahun Anggaran 2021 melalui Dinas PU-PR Kabupaten Lingga dari kementerian PU-PR yang nilainya 8,2 milyar dengan jarak dari sumber mata air mengalir ke Tanki penampungan dan sampai kerumah warga lebih kurang berjalan 16 km dan untuk wilayah Marok Kecil ini paling terpanjang aliran sumber air bersih nya se-Kabupaten Lingga.

Dan Alhamdulillah segala upaya yang dilakukan hari ini berbuah manis dan kita sudah meresmikannya.

” Untuk penggunaan air bersih diharapkan kepada pak camat, kades dan masyarakat agar bisa duduk bersama mendiskusikan agar segera menarik meteran nya. Kapan dilaksanakan kita serahkan kepada mereka, apakah dikelola melalui BUMDES Desa atau melalui PDAM Kabupaten Lingga”, terangnya.

Muhammad Nizar menambahkan, untuk tahun 2022 nanti akan dilanjutkan ke Dusun 02 Remik Desa Marok Kecil dan Insa Allah pada tahun 2022 nanti sudah selesai.

Selanjutnya akan dibangun jembatan penghubung desa di kecamatan singkep selatan, yakni, jembatan di Desa Resang dan satunya di Desa Marok Kecil ini.

Namun dari dua jembatan tersebut, kita utamakan di Desa Marok Kecil ini dengan baku anggaran hingga tuntas sebesar 5 (lima) Miliar, namun sistem pekerjaan nya bertahap dan tahap pertama tahun 2022 ini, pengerjaan jembatan penghubung kita anggarkan sebesar 1,5 (satu setengah) miliar dan insa allah dikerjakan sebanyak dua tahap hingga tuntas, tutup Muhammad Nizar.

Dikesempatan itu, Camat Singkep Selatan (Kab.Lingga) Sabirin S.IP mengucapkan ribuan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten lingga melalui dinas PU-PR nya, atas terlealisasi nya sumber sarana air bersih untuk kebutuhan masyarakat Desa Marok Kecil di Kecamatan Singkep Selatan.

Selain Bupati lingga Muhammad Nizar S.Sos dan Ketua DPRD Lingga Muhammad Nashirudin, turut hadir pada acara tersebt, wakil ketua komisi lll DPRD Lingga Januar, Plt. Kepala dinas (Kadis) PU-PR beserta jajaran, Kepala dinas (Kadis) Kabupaten Lingga Selamat, Camat Singkep Selatan Sabirin SIP beserta jajaran, Kabag Hukum Pemkab Lingga.

Selain itu hadir juga Ketua PKK Kabupaten Lingga Maratusholiha beserta anggota, Ketua HSNI Kabupaten Lingga Ruslan, Kepala Desa Resang Hanapi, Kepala Desa Marok Kecil Rusdi beserta jajaran, Ketua BPD Desa Marok Kecil tokoh agama, tokoh masyarakat dan turut juga dihadiri Masiswa universitas STEI Bengkalis yang sedang melakukan aktivasi KKM di Desa Resang Kec. Singkep Selatan Kabupaten Lingga. (purwanto/zkn)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img