BerandaKEPRINATUNAKunker ke Pulau Laut Natuna, Menko Polhukam dan Mendagri Pertegas Posisi Penting...

Kunker ke Pulau Laut Natuna, Menko Polhukam dan Mendagri Pertegas Posisi Penting Pulau Terluar

BERITABATAM.COM, Natuna – Saat melakukan kunjungan kerja ke Pulau Laut Natuna Rabu 24 November 2021, Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri, Tito Karnavian menegaskan posisi penting dari seluruh pulau terluar Indonesia.

Di hadapan perwakilan masyarakat dan nelayan Pulau Laut Mahfud dan Tito bergantian menyampaikan pemaparannya.

Mantan Ketua MK, Mahfud MD menyampaikan pemerintah mempunya perhatian yang sungguh-sungguh terhadap keberadaan pulau-pulau terluar seperti Pulau Laut dan Sekatung.

“Rasa hormat dan bangga atas keberadaan bapak ibu semua, telah ikut menjaga keutuhan wilayah Indonesia, “ucap Mahfud.

Selain ikut menjaga kedaulatan NKRI, Mahfud juga mengajak bersama-sama bekerja memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) serta membangun dan memupuk rasa nasionalisme sehingga semua orang merasa terpanggil mempertahankan bersama-sama.

“Indonesia sangat kaya, semua kita miliki, tinggal pengelolaannya dengan baik, pemerintah cermat dan profesional demi kesejahteraan rakyat,” terangnya.

Sementata itu Mendagri, Tito Karnavian kembali menyampaikan bahwa posisi Pulau Laut dan Sekatung sangat penting untuk kedaulatan bangsa dan negara.

Menurut mantan Kapolri ini bukan permasalahan pulaunya yang diperhitungkan, namun pulau tersebut merupakan batas terluar sehingga berpengaruh kepada batas wilayah, batas ZEE dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya.

Pembangunan di pulau terluar tidak hanya kekuatan militer saja akan tetapi pembangunan juga harus dilakukan.

“Kita akan memulai titik sentral pembangunan itu adalah berbasis kecamatan,” ucap Tito.

Tercatat sebanyak 584 kecamatan yang ada di perbatasan Indonesia sesuai visi Presiden Jokowi akan menjadi skala prioritas dalam upaya membangun Indonesia dari pinggiran.

Sebelum tiba di Pulau Laut, dua menteri ini menggunakan helikopter dari KRI Semarang dari Ibukota Natuna Ranai ini mendarat di helipad Posal Pulau Laut.

Sesaat setelah sampai di Pulau Laut Mahfud dan Tito langsung meninjau kegiatan vaksinasi di Puskesmas Pulau Laut.

Usai meninjau pelaksanan vaksinasi Mahfud dan Tito menuju Kantor Camat Pulau Laut untuk meninjau kegiatan layanan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Dukcapil. (amril)

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
spot_img