BerandaNASIONALMengenang Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara di Hari Guru Nasional

Mengenang Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara di Hari Guru Nasional

BERITABATAM.COM, Jakarta – Bertepatan dengan tanggal 25 November bangsa Indonesia memperingati Hari Guru Nasional, dan sekaligus dimana Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) merayakan hari jadinya.

Hari Guru Nasional menjadi momen apresiasi terhadap para Pahlawan Tanpa Jasa di tanah air, yang senantiasa andil dalam mencerdaskan bangsa.

Peringatan Hari Guru Nasional dicetuskan secara resmi melalui Ketetapan Presiden (Keppres) Nomor 78 tahun 1994 Tentang Hari Guru Nasional.

Sosok guru yang mempunyai julukan Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, menjadi sosok yang ikut berperan dalam kemajuan pendidikan di tanah air.

Nama Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai sosok yang sederhana dan memasyarakat, ia aktif dalam kegiatan mengajar khususnya budaya lokal sebagai cara untuk mencapai kesetaraan sosial politik di era kolonial.

Ki Hadjar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa pada tahun 1922, sebagai sarana pendidikan khususnya untuk masyarakat kelas bawah.

Atas segala kerja kerasnya Serta dukungan masyarakat tanah air, pada tahun 1950 Ki Hadjar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, ia juga mendapat mendapat gelar doktor honoris dari UGM serta dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah. (dodi)

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
spot_img