BerandaKEPRITANJUNGPINANGTingkatkan Kemampuan Jasmani, Prajurit Lanud Raja Haji Fisabilillah Ikuti Test Samapta

Tingkatkan Kemampuan Jasmani, Prajurit Lanud Raja Haji Fisabilillah Ikuti Test Samapta

BERITABATAM.COM, Tanjungpinang – Prajurit TNI AU dan PNS di Lanud Raja Haji Fisabilillah mengikuti test kesamaptaan jasmani yang berlangsung di Lanud RHF, Jumat 26 November 2021 pagi.

Hal ini penting untuk pembinaan, menjaga dan mengukur, meningkatkan, kemampuan serta kesegaran fisik para prajurit TNI Angkatan Udara di Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Test Kesegaran Jasmani Samapta Semester II 2021 itu dipimpin langsung Danlanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb A. Donie P.

“Kegiatan Samapta tersebut bertujuan untuk membina dan meningkatkan fisik serta kemampuan prajurit guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Udara”, ungkap danlanud.

Mengawali kegiatan dilaksanakan pengecekan personel yang akan melaksanakan tes Samapta. Dilanjutkam pemeriksaan tahap awal.

Pemeriksaan itu meliputi mengukur tensi, denyut nadi, tinggi dan berat peserta oleh Satuan Kesehatan Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Keterangan tertulis dari Penerangan Lanud Raja Haji Fisabilillah, tes Samapta itu meliputi 2 Kategori. Masing-masing tes Samapta A dengan lari menempuh waktu selama 12 menit.

Sedangkan Tes Samapta B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up, serta Shuttle Run yang nilainya disesuaikan dberdasarkan kategori umur dan waktu yang didapat.

Bertindak sebagai koordinator Test Samapta Jasmani Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kapten Kes Agus Sumanto yang juga Kasibinjas Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Kapten Kes Agus Sumanto mengungkapkan tes Samapta Jasmani ini dilakukan secara berkala.

Tujuannya kata Kapten Kes Agus Sumanto untuk mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap 6 bulan sekali.

“Dengan melakukan tes Samapta ini, kita dapat meneliti apakah kondisi prajurit meningkat atau sebaliknya menurun, “ujarnya.

Apabila sambung Kapten Kes Agus Sumanto, jasmani prajurit meningkat, tentunya harus dipertahankan.

“Akan tetapi apabila menurun, perlu diadakan pembinaan fisik secara ekstra,” tutur Kasibinjas Lanud RHF. (jos/mk)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img