BerandaKEPRIANAMBASDiikuti 9 Kelompok KWT, Bupati Anambas Abdul Haris Buka Pelatihan Tematik Pekarangan...

Diikuti 9 Kelompok KWT, Bupati Anambas Abdul Haris Buka Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari

BERITABATAM.COM, Anambas – Bupati Anambas Abdul Haris buka Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Gedung Pemuda Desa Tarempa Timur, Senin, 1 Agustus 2022.

Selain itu, Abdul Haris lakukan penanaman secara simbolis Bibit Mangga VUB Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepri.

Kegiatan P2L ini diikuti 9 kelompok wanita tani (KWT) yang juga merupakan pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

Kepala BPTP Kepri, Alwi Mustaha mengatakan BPTP Kepri memberikan ruang kepada Anambas melakukan penanaman padi kesehatan.

Lalu, katanya lebih jauh, hasil dari padi kesehatan, yang mana berasnya dapat bermanfaat sebagai penurunan stunting pada anak.

“Mohon doa dan dukungannya, sehingga nanti ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat yang membutuhkannya,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, dilakukan penyerahan bibit mangga unggul dari Kepala BPTP Kepri kepada Bupati Anambas Abdul Haris.

Bupati Anambas, Abdul Haris ucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Provinsi kepada Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Program pangan lestari ini tentunya menjadi solusi terhadap ketahanan pangan keluarga yang tujuannya tidak hanya untuk penguatan pangan, tetapi juga untuk perbaikan ekonomi keluarga,” ucap Bupati Anambas.

Program ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan perkarangan, lahan kosong yang tidak produktif.

Melalui program ini, lahan akan menjadi produktif sebagai penghasil pangan dalam memenuhi gizi pangan dan rumah tangga dan berorientasi besar kepada pendapatan rumah tangga.

Bupati Anambas berharap dengan adanya pelatihan, KWT Anambas terus melakukan inovasi guna mengembangkan program perkarangan pangan lestari untuk mewujudkan kemandirian pangan dan masyarakat di Anambas.

Penanaman secara simbolis dilakukan di Halaman Kantor Bupati Anambas, pasir peti yang langsung dilakukan Kepala BPTP Kepri, Bupati Anambas, Wakil Bupati Anambas, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan serta Ketua TP-PKK KKA. (lintong)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img