BerandaNASIONALMensos Tri Rismaharini Sampaikan Kabar Bahwa Penyaluran Bansos Subsidi BBM Dimulai Per...

Mensos Tri Rismaharini Sampaikan Kabar Bahwa Penyaluran Bansos Subsidi BBM Dimulai Per 1 September 2022

BERITABATAM.COM, Jakarta – Tri Rismaharini, Menteri Sosial menyampaikan penyaluran bansos (bantuan sosial) terbaru mulai disalurkan per 1 September 2022 mendatang.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan penyaluran bansos ini merupakan pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Untuk stimulus anyar tersebut akan dibagikan bebarengan dengan sejumlah penyaluran bansos yang sudah sejak lama berjalan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai.

“Sebetulnya sekarang sudah siap tapi kita lakukan per 1 September,” kata Tri Rismaharini, Senin, 29 Agustus 2022.

Dikatakannya lebih jauh, penyaluran bansos ini sekalian dilakukan dengan bantalan sosial yang normal, yang rutin.

Dalam pelaksanaannya, Kementerian Sosial menunjuk PT Pos Indonesia untuk menyalurkan bansos kepada seluruh penerima termasuk di daerah terluar.

“Memang ada yang ambil di PT Pos, tapi kan ada juga yang rumahnya jauh, menyeberang laut kaya di Nunukan, harus naik pesawat, itu kita siapkan, sejak 2022, menggunakan PT Pos,” tuturnya.

Untuk diketahui, pemerintah akan memberikan bantalan sosial sebesar Rp24,17 triliun yang terbagi dalam dua kelompok.

Pertama, sebesar Rp12,4 triliun ditujukan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat yang saat ini sudah terdata oleh Kementerian Sosial.

Setiap keluarga akan menerima Rp600 ribu dalam bentuk tunai.

Kedua, subsidi sebesar Rp9,6 triliun akan diberikan kepada 16 juta pekerja yang memiliki upah di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Setiap pekerja akan menerima Rp600 ribu dan pelaksanaannya akan dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. (redaksi)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img