BerandaTEKNOIni Tujuan Twitter Perluas Fitur Catatan Komunitas ke 4 Negara

Ini Tujuan Twitter Perluas Fitur Catatan Komunitas ke 4 Negara

BERITABATAM.COM, Jakarta – Cegah penyebaran hoaks melalui kanal media sosial, Twitter perluas fitur catatan komunitas Catatan Komunitas ke 4 Negara.

Keempat negara tersebut ialah Inggris, Irlandia, Australia dan Selandia Baru.

Fitur Catatan Komunitas tersebut nantinya memungkinkan pengguna dari negara yang sudah terdaftar, untuk secara kolaboratif menambahkan konteks ke tweet yang berpotensi menyesatkan.

“Kami sekarang menerima kontributor dari Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru, selamat datang di Catatan Komunitas! Kami menerima kontributor baru secara berkelompok, meningkatkan basis kontributor sebesar 10 persen per minggu,” tulis Twitter dalam pengumumannya dikutip dari Gadgetsnow, Selasa, 24 Januari 2023.

Pihak Twitter pun menjelaskan jika program fitur Catatan Komunitas akan diperluas.

“Kami memantau kualitas dan terus memperluas ke negara-negara baru dari waktu ke waktu,” tulis pihak Twitter dikutip celebritis.id.

Adapun tujuan dari fitur Catatan Komunitas ini untuk menciptakan dunia yang lebih terinformasi dengan faktual dan mengurangi misinformasi dan hoaks.

Pada program tersebut, peserta bisa menambahkan secara kolaboratif, sebuah catatan untuk menghadirkan konteks bermanfaat pada tweet yang menurut mereka berpotensi menyesatkan.

Sedikit info, Pada November 2022 lalu, program tersebut dinamakan Birdwatch hingga kemudian diganti menjadi Catatan Komunitas karena ingin memperluas hingga ke negara lainnya.

Selain itu Twitter juga menjelaskan catatan komunitas tidak mewakili sudut pandang perusahaan dan tidak bisa diedit, dihapus atau diberi label oleh timnya.

Namun apabila ditemukan melanggar aturan Twitter ketentuan layanan atau kebijakan privasi peserta bisa dihapus dari mengakses Catatan Komunitas. (redaksi)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Cegah Penyebaran Hoaks, Twitter Perluas Fitur Catatan Komunitas ke 4 Negara

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img