BerandaKEPRIKRI Sigalu-857 Mengevakuasi Kapal Perikanan PL 87 Malaysia yang Rusak di Perairan...

KRI Sigalu-857 Mengevakuasi Kapal Perikanan PL 87 Malaysia yang Rusak di Perairan Kepulauan Riau

BERITABATAM.COM, Kepri – KRI Sigalu-857 berhasil dan menyelamatkan Kapal Perikanan PL 87 Malaysia, Rabu 1 Maret 2023.

Saat itu, KRI Sigalu-857 dengan komandan Mayor Laut (P) Adhi Yuda Nugraha melaksanakan Operasi Garda Indosin-23 dibawah Kendali Operasi Gugus Tempur Laut Koarmada I (Guspurla I) dengan sektor operasi sekitar Kepulauan Riau.

Ketika KRI Sigalu-857 sedang melaksanakan tugas operasi mendapatkan informasi dari TB. SG Peace bahwa terdapat kapal Perikanan Malaysia mengalami kerusakan dan terombang ambing di perairan timur laut Pulau Cula Kepri.

KRI Sigalu-857 kemudian bergerak menuju lokasi dan menemukan speed boat patroli aparat Perikanan Malaysia mati mesin dan terombang ambing.

Tindakan yang diambil yaitu menarik Kapal Perikanan Malaysia tersebut dan lego jangkar pada posisi aman di selatan Pulau Pemping.

Pada saat lego jangkar tersebut, KRI Sigalu-857 memberikan pertolongan pertama dengan pengecekan kesehatan serta pemberian makanan dan minuman, menanyakan identitas kapal, personil dan pengecekan kondisi kapal.

Dari pemeriksaan tersebut diperoleh data sebagai berikut, mama kapal : PL 87 yang dimiliki Jabatan Perikanan Malaysia.

Sedangkan jenis kapal itu yakni Speed Boat dengan panjang 7 meter, lebar 3 meter, draft 1 meter dengan motor penggerak 2 motor tempel masing-masing berkekuatan 150 PK.

Sementara ABK /Crew terdata sebanyak empat orang. Masing-masianf Fatimah Binti Razak sebagai OIC/ officer in charge dengan anak buah tiga orang yaitu Zaharin Bin Baharudin,Halim Bin Sanip dan Marzuki Bin Jusoh.

Prajurit KRI Sigalu – 857 juga memeriksa mesin dan mendapati penyebab kerusakan atau tidak normalnya mesin tersebut karena accu drop dan kemudian ditanggulangi dengan pengecasan kedua accu di KRI Sigalu-857.

Peristiwa itu langsung dilaporkan kepada Komandan Guspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Heri Triwibowo.

Kemudian ditindaklanjuti koordinasi dengan APMM (Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia).

Sehingga disepakati akan dilaksanakan penjemputan oleh kapal APMM pada posisi RV di titik koordinat 01º 12,878’ U – 103º 31,140 T.

Posisi itu tepatbya di selatan Tanjung Pelepas Johor atau barat laut Pulau Nipah Riau

Sekira pukul 19.30 WIB KRI Sigalu-857 bertemu dengan kapal APMM pada posisi RV yang telah disepakati.

Unsur APMM yang menjemput adalah KM Ramunia 3221, KM 1501, dan PL 39 kemudian dilaksanakan proses penyerahan PL 87 berikut awaknya kepada Kapal Pemerintahan Malaysia.

Proses penyerahan berjalan lancar dan aman walaupun terkendala ombak, angin kencang dan hujan.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma mengapresiasi keberhasilan kegiatan SAR tersebut.

Hal itu katanya sebagai wujud pengaplikasian tugas operasi militer selain perang dan diplomasi TNI Angkatan Laut dalam menjalin hubungan baik dan kerja sama dengan negara sahabat.

Karena katanya sejalan dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali yaitu kesiapan operasi baik Alutsista maupun satuan operasi diikuti kemampuan dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini berkembang secara dinamis. (redaksi)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul KRI Sigalu-857 Mengevakuasi Kapal Perikanan PL 87 Malaysia yang Rusak di Perairan Kepulauan Riau

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img