BerandaSPORTKetua PSSI Erick Thohir di Phnom Penh Bangkitkan Semangat Juang Timnas Garuda

Ketua PSSI Erick Thohir di Phnom Penh Bangkitkan Semangat Juang Timnas Garuda

BERITABATAM.COM. Jakarta – Ketua PSSI, Erick Thohir nonton langsung pertandingan Timnas Garuda vs Vietnam dalam semifinal Sea Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu, 13 Mei 2023.

Kehadiran Erick Thohir di tribun VIP Olympic Stadium, Phnom Penh sebagai bukti dukungan langsung kepada anak asuh Indra Sjafri saat meladeni juara bertahan Vietnam.

Langkah Erick Thohir untuk nonton langsung salah satu cara pendekatan khusus dalam memperkuat daya juang dan semangat skuad timnas.

“Termasuk pada skuad muda yang berlaga timnas, Erick selalu ingatkan tentang pentingnya semangat, mentalitas dan nyali,” tulis salah satu netizen di kolom retizen Republika.

Erick terlihat berkaca-kaca menyaksikan pertandingan dramatis tersebut dan langsung menyambangi para suporter timnas yang lain, yang ikut hadir pada pertandingan tersebut. Bayangkan betapa lengkap kemenangan di laga semi final itu.

Besarnya dukungan dan semangat dari Erick Thohir menunjukkan beberapa hal penting.

Pertama, Erick Thohir memiliki ‘sense’ (kepekaan) bahwa apa yang dibutuhkan oleh para pemain, skuad muda, adalah dukungan, kepercayaan besar yang diberikan kepada mereka.

“Dengan kepercayaan besar yang diberikan oleh Erick Thohir dan publik Indonesia, mereka merasa ‘harus’ berjuang sekuat tenaga, ‘all out’ untuk Indonesia,” lanjut netizen yang bernam Hasan.

Kedua, dukungan Erick Thohir yang dirasakan oleh para skuad timnas tidak hanya terbatas pada ucapan atau ungkapan kata-kata, tapi lebih dari itu komitmen membenahi sepak bola Indonesia, yang terlihat dari berbagai upayanya dari awal, dari mulai melihat seluruh persoalan sepak bola Indonesia dengan melibatkan para stokeholder (klub, pemain, wasit, profesional) dan mengkajinya serta menindaklanjutinya ke dalam sebuah program jangka panjang.

Ketiga, seluruh stakeholder sepak bola Indonesia – baik jajaran internal PSSI maupun eksternal – nampak semakin seirama dalam langkahnya memperbaiki sepak bola Indonesia.

Publik pun semakin terlihat jadi bagian yang didengarkan oleh PSSI.

Dengan kata lain, motivasi terkuat saat ini yang dirasakan oleh semua pihak, terutama dirasakan oleh skuad timnas Indonesia adalah sebuah komitmen besar-besaran, transformasi sepak bola Indonesia.

Sebab itu, melihat menguatnya mentalitas dan semangat skuad muda ini kita dengan sendirinya menyaksikan sebuah kebangkitan sepak bola Indonesia.

“Di tangan Erick Thohir, PSSI memiliki target-target jangka panjang. Dimulai dari menunjukkan kebangkitannya di level Asia Tenggara, Asia dan dunia,” katanya.

Dalam laga semifinal versus Vietnam, Timnas Garuda menang dramatis 3-2 karena hanya bermain dengan 10 pemain.

Risky Ridho dkk membuka keunggulan lewat sundulan Komang pada menit 10.

Di menit ke-35, Vietnam menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat Nguyen Van Tung.

Indonesia kembali unggul 2-1 pada awal babak kedua lewat tendangan datar Marcelino Ferdinan yang berbelok setelah mengenai kaki Muhammad Ferrari.

Namun tidak lama berselang, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain.

Arhan mendapatkan kartu kuning kedua akibat membuat pelanggaran sehingga Indonesia harus bermain dengan 10 pemain.

Punya keunggulan pemain membuat Vietnam semakin intens untuk menyerang gawang Indonesia.

Di menit ke-78 gawang Indonesia kembali bobol.

Bagas Kaffa yang mencoba untuk membuang bola umpan silang Vietnam, namun bola malah masuk ke gawang Indonesia dan imbang 2-2.

Beruntung mentalitas anak asuh Indra Sjafri tidak goyah dan terus berjuang untuk meraih kemenangan.

Muhammad Taufany jadi pahlawan di masa injury time dengan mencetak gol melalui skema serangan balik sekaligus mengubah skor 3-2 untuk kemenangan Indonesia.

Di babak final, Timnas Garuda akan melawan Thailand yang berhasi mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0. (redaksi)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Kehadiran Erick Thohir di Phnom Penh Bangkitkan Semangat Juang Timnas Garuda

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img