BerandaKEPRIANAMBASWan Zuhendra Buka Sosialisasi SPIP di Anambas

Wan Zuhendra Buka Sosialisasi SPIP di Anambas

BERITABATAM.COM, Anambas – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, secara resmi buka kegiatan sosialisasi Penguatan Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh BPKP Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau,di Aula Prof. M.Zein, Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Kamis, 25 Mei 2023.

Dalam rilis pers yang diterima media ini, sosialisasi itu, bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi kepada seluruh kepala perangkat daerah dan camat se-Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sistem pengendalian intern pemerintah merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai, untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Pada tahun 2022 berdasarkan hasil penilaian cepat maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memenuhi karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP pada level 3 (terdefinisi) dengan nilai 3,010 dan skor manajemen risiko indeks (MRI) sebesar 2,871 serta skor IEPK sebesar 2,987.

Lebih lanjut dijelaskan dalam rilis tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menerbitkan surat edaran nomor: 06/kdh/kka.700/02.2023 tentang “Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Pada Pemda Kabupaten Kepulauan Anambas” dalam upaya tindak lanjut SPIP Terintegrasi di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, berharap kepada BPKP Provinsi Kepulauan Riau untuk selalu mendukung Kabupaten Kepulauan Anambas dalam penyelenggaraan SPIP Terintegrasi ini dengan baik.

Wan Zuhendra juga berharap kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Kepulauan Anambas untuk melaksanakan SPIP Terintegrasi ini dengan baik. (ropi)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img