BerandaKEPRITANJUNGPINANGBentuk Apreasiasi, Kelompok Tani dapat Bantuan Mesin Kultivator dari Pemko Tanjungpinang

Bentuk Apreasiasi, Kelompok Tani dapat Bantuan Mesin Kultivator dari Pemko Tanjungpinang

BERITABATAM.COM, Tanjungpinang – Berkat keberhasilan kelompok tani Serumpun Mandiri yang mampu mengolah lahan eks pertambangan bouksit menjadi lahan pertanian cabai yang subur, Pemko Tanjungpinang langsung menghadiahkan bantuan berupa Mesin Kultivator.

Bantuan ini langsung disampaikan Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan, saat meninjau panen cabai dikelola kelompok tani Serumpun Mandiri di lahan eks pertambangan Kelurahan Air Raja, Rabu, 3 April 2024.

Hasan saat itu mengapresiasi dan menyatakan kekagumannya kepada kelompok tani Serumpun Mandiri yang mampu mengolah lahan eks pertambangan bouksit menjadi lahan pertanian cabai.

Sebagai bentuk apresiasinya, Hasan akan memberikan bantuan mesin kultivator untuk membuat bedengan.

“Luar biasa. Lahan bouksit mampu diolah menjadi lahan pertanian cabai produktif.

Saya ucapkan terima kasih kepada para anggota kelompok tani.

Untuk itu saya akan membantu pengadaan mesin traktor yang diperlukan, hingga proses pengolahan lahan bisa lebih cepat,” kata Hasan.

Lokasi lahan kelompok tani Serumpun Mandiri, menumpang di lahan eks pertambangan bouksit di sekitar waduk Makorem 031, Senggarang.

Akses jalan menuju ke lokasi, dan lahan pertanian sepenuhnya berupa tanah merah bercampur batu bouksit.

Sama sekali tidak akan pernah terpikirkan oleh siapapun untuk menanam cabai di lokasi tersebut.

Namun di tangan Wahyu, seorang anggota kelompok tani Serumpun Mandiri, tanah kering bercampur batu bouksit mampu menumbuhkan tanaman sensitif seperti cabai keriting. (***)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img