BerandaBakti TNI PolriKapolresta Barelang Pimpin Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Aliansi Buruh batam Bergerak

Kapolresta Barelang Pimpin Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Aliansi Buruh batam Bergerak

KAPOLRESTA BARELANG MEMIMPIN PENGAMANAN AKSI UNJUK RASA ALIANSI BURUH BATAM BERGERAK
Kapolresta Barelang AKBP Purwadi W. Anggoro, SIK. MH  turun ke Jalan memimpin Pelaksanaan Pengamanan aksi unjuk rasa 

BATAM – Beritabatam.com – Kapolresta Barelang AKBP Purwadi W. Anggoro, SIK. MH Senin, 2/ 3/ 2020, turun ke Jalan memimpin Pelaksanaan Pengamanan aksi unjuk rasa yang digelar oleh aliansi Buruh Batam Bergerak Kota Batam, dalam melakukan pengamanan aksi unjuk rasa tersebut Polresta Barelang menurunkan 200 personil Polresta Barelang dan dibantu 2 SST Dit Samapta Polda Kepri dan 2 SST BKO Sat Brimob Polda Kepri .

Kegiatan aksi unjuk rasa mulai digelar Jam 11.30 Wib. yang dihadiri dari aliansi Buruh Batam Bergerak, SPSI, KC.FSPMI, SPPJM,KSBSI, ISPMI, FPBI-KPBI, SBSI, dan beberapa PUK Kota Batam, massa lebih kurang 1.500 orang, mereka datang langsung berorasi di depan Kantor Walikota Batam, dalam aksinya aliansi Buruh menolak RUU Cipta Kerja (cluster ketenagakerjaan) karena bertentangan dengan UU Nomor 12 Tahun 2011 disinyalir muatan materinya tidak mencerminkan Pengayoman, kemanusian, keadilan, keseimbangan, keserasihan dan keselarasan bagi pekerja buruh, buruh Kota Batam meminta RUU Cipta Kerja (cluster ketenagakerjaan) dikeluarkan dari RUU Cipta Kerja (Omnibus Law), Aliansi Buruh juga meminta kepada Walikota Batam agar tahun 2020 diberlakukan upah minimum Sektoral Kota Batam.

Pemerintah Kota Batam menerima apa yang menjadi tuntutan aliansi Buruh, dan akan menindak lanjuti apa yang menjadi tuntutan, sehubungan dengan pemberlakuan upah minimum Sektoral Kota Batam Wali Kota Batam H. Muhamad Rudi. SE.MM,akan mengupayakan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kedepan, jika tidak ada kesepakatan Pemerintah Kota Batam akan mengundang aliansi buruh / pekerja Kota Batam untuk mendiskusikan langkah terbaik berikutnya, setelah adanya kesepahaman antara Pemerintah Kota Batam dan aliansi buruh Batam Bergerak membubarkan diri untuk melakukan Sholat dzuhur bagi yang beragama Muslim dan untuk non muslim menunggu kegiatan selanjutnya .

Jam 13.40 Wib. aliansi Buruh Batam Bergerak kembali melakukan aksi demo namun massa bergeser ke Kantor DPRD Kota Batam, sekitar 20 menit berorasi, masa langsung ditemui oleh Anggota DPRD Kota Batam dari Komisi IV, Aman Spd.MM dan Muchamat Mustofa. Kepada massa Aliansi Buruh Kota Batam meminta menyelesaikan masalah dengan musyawarah dan meminta agar beberapa orang perwakilan dipersilahkan masuk keruang rapat digedung serbaguna.

Sekiar jam 14.05 wib. dilakukan pertemuan bersama di gedung serba guna Kantor DPRD Kota Batam, selainn dari Komisi IV DPRD Kota Batam hadir dalam pertemuan tersebut; Jefri (Komisi III DPRD Kota Batam, M. Syafi’i (Komisi II DPRD Kota Batam), AKBP Purwadi W Anggoro (Kapolresta Barelang), Yusfa Hendri (Asisten I Pemko Batam), Rudi Sakyarkiti (Kadis Tenaga Kerja Kota Batam), Kompol Muclis Nadjar, SH. SIK (Kasat lantas Polresta Barelang) , AKP. Restia Octane Guchy (Kapolsek Batam Kota) dan perwakilan Aliansi Serikat Pekerja Kota Batam, pertemuan selesai jam 19.05 Wib.

Adapun hasil pertemuan pada intinya DPRD Kota Batam mendukung apa yang menjadi tuntutan dari aliansi buruh Kota Batam, mengingat ketua DPRD Kota Batam masih diluar kota sehingga Surat dukungan / Komitmen yang ada belum ditanda tangani.

Di tempat berbeda Kapolresta Barelang AKBP Purwadi W Anggoro, SIK. MH mengucapkan terima kasih kepada rekan buruh / pekerja yang tergabung dalam Aliansi Buruh Batam Bergerak yang telah sama – sama dapat menjaga ketertiban dan keamanan jalannya aksi unjuk rasa, semoga apa yang telah kita kerjakan pada hari ini menjadi amal ibadah.

Sumber: Kasubaghumas Polresta Barelang

Editor: Ramadhan

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img