BerandaBakti TNI PolriSukses dan capai SPO, Wali Kota Batam Terima Penghargaan dari BPS

Sukses dan capai SPO, Wali Kota Batam Terima Penghargaan dari BPS

Sukses dan capai SPO, Wali Kota Batam Terima Penghargaan dari BPS
Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

BATAM – Beritabatam.com |  BadanPusat Statistik (BPS) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Penghargaan tersebut diberikan terkait dengan kesuksesan dan capaian pelaksaaan Sensus Penduduk Online (SPO) di Kota Batam pada bulan Februari sampai dengan Mei 2020 lalu.

Kepala BPS Kota Batam, Rahmad Iswanto mengatakan penghargaan tersebut diberikan langsung Kepala BPS RI, khusus kepada Wali Kota Batam, Muhammad Rudi atas peran aktif dan memfasilitasi penyelenggaraan SPO. Masyarakat Batam dinilai sangat antusias mengikuti SPO tersebut.

“Capaian penghargaan ini diberikan karena, Kota Batam telah melampaui target SPO,” kata Rahmad, Selasa (25/8/2020).

Menurut dia, sebelumnya BPS menargetkan sebanyak 15 persen penduduk Batam atau sebanyak 217.741 penduduk yang berperan pada SPO. Namun capaian SPO di Kota Batam mencapai 17,85 persen atau sebanyak 286.090 penduduk batam yg berperan aktif secara benar mengisi data dirinya.

Pada kesempatan tersebut, BPS Kota Batam juga melaporkan kepada Wali Kota Batam bahwa masih ada sekitar 1.089.919 masyarakat Kota Batam yang akan dilakukan verifikasi. Rencananya BPS akan mulai mendata pada september 2020 mendatang.

“Pendataan Sensus Penduduk September merupakan kelanjutan dari SPO, terutama untuk memverifikasi dan mengupdate data penduduk yang belum berpartisipasi pada SPO,” jelasnya.

Menurut dia, BPS kota Batam akan menerjunkan sebanyak 779 petugas sensus untuk di seluruh wilayah Kota Batam. Pihaknya berharap seluruh komponen masyarakat Kota Batam, untuk berperan aktif menerim kedatangan petugas BPS Kota Batam.

“Agar tidak ada satupun penduduk Indonesia penduduk Batam yang terlewat. Karena itu kami mohon dukungan, untuk pendataan kependudukan yang akurat demi satu data kependudukan Indonesia,” katanya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sejak awal telah mengimbau masyarakat untuk proaktif dalam agenda nasional ini. Bahkan disetiap kegiatan musrembang tingkat kelurahan, pihaknya juga mengajak BPS Kota Batam untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat Batam.

“Pembangunan berjalan baik apabila perencanaan sempurna. Perencanaan berhasil kalau data valid. Dari mana datanya? Dari BPS. Maka saya minta kepada Bapak Ibu, tolong dibantu isi data sebenarnya. Supaya perencanaan pembangunan Kota Batam bisa sempurna,” kata Rudi beberapa waktu lalu. (MediaCenter.Batam)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img