Beranda KEPRI BATAM Bea dan Cukai Batam: "Kami Terbuka untuk Semua Informasi dari Masyarakat"

Bea dan Cukai Batam: “Kami Terbuka untuk Semua Informasi dari Masyarakat”

BATAM – BERITABATAM.COM –Akibat dari pemberitaan media yang saat ini tengah gencar gencarnya menyoroti kinerja bea & cukai yang bertugas di pelabuhan ASDP telaga punggur Batam, yang diduga ikut terlibat dalam praktek penyeludupan di pelabuhan ASDP telaga Punggur tersebut, membuat para pahlawan kepabeanan (BC-red) ini dengan sigab melakukan pemeriksaan sesuai standar operasi ( SOP ) terhadap barang yang berada diatas kendaraan ekspedisi jenis pickup tepatnya di area hanggar Bea dan cukai pelabuhan ASDP telaga Punggur batam. 

Pemeriksaan ketat barang yang akan menyeberang keluar Batam khusunya menuju Dabo singkep (kab.lingga) dilakukan pada Selasa 10/11/2020. Satu persatu barang muatan kendaraan jenis pickup dipriksa. 

Pantauan wartawan beritabatam.com di lapangan, pemeriksaan yang dilakukan petugas bea & cukai pelabuhan ASDP telaga pinggur Batam pada sore itu sangat ketat dan teliti,diyakini tidak satupun barang barang terlarang sejenis minuman keras dan rokok non cukai dapat lolos dari pemeriksaan super ketat itu.

“kami selaku supir pickup yang membawa barang resmi untuk kebutuhan pokok untuk dikonsumsi masyarakat kabupaten lingga (Dabo Singkep -red) ,seperti sayuran dan buah- buahan merasa lega akibat pemeriksaan ketat oleh petugas Bea & Cukai punggur kota batam,karna tudingan dan dugaan yang dialamatkan kepada kami telah membawa barang yang merugikan negara milyaran rupiah tidak terbukti”.ujar Syamsu kepada Berita Batam.com. baru baru ini.

Sementara itu,kepala seksi (kasi) pelayana informasi bea & cuka KPU Tipe B kota Batam , Undani saat dikonfirmasi wartawan berita Batam.com , perihal Dugaan keterlibatan oknum bea & cukai di pelabuhan ASDP telaga punggur kota batam yang bekerja sama dengan oknum penyeludup minuman keras ( miras ) dan rokok non cukai di kantornya Rabu 11/11/2020 mengatakan, “pihak bea & cukai kota Batam sangat terbuka untuk semua informasi dari masyarakat, karna hal tersebut dapat meningkatkan citra dan kinerja kami (bc-batam) sebagai pelayanan dan pengawasan keluar masuk barang agar lebih baik lagi untuk kedepanya.”

Ditambahkan Undani, jika terbukti dugaan tersebut ada , maka pihaknya tidak segan segan untuk melakukan tindakan tegas kepada oknum Bea & Cukai tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Dikatakan undani, setiap barang yang keluar dari area kepabeanan Batam harus mengunakan dokumen resmi,tidak ada kata toleransi kecuali barang bawaan penumpang pribadi bukan untuk diperdagangkan . Dalam waktu dekat pihak bea dan cukai Batam akan menambahkan loket kepabeanan guna mempermudah akses kepengurusan yang merujuk pada ranah bea & cukai.ujar pria low profil itu.

Ditempat terpisah, pengamat ekonomi sosial LC Manrue St. Sangat mengapresiasi atas kinerja petugas bea dan cukai Batam (Telaga Punggur) yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, dengan adanya pemeriksaan ketat oleh bea & cukai itu, membuat para pelaku usaha ekspedisi sadar akan pentingnya mentaati aturan kepabeanan. Jika aturan tersebut dipatuhi maka negara akan mendapat keuntungan besar melalui pajak. Tutup Manrue. ( RIA )

- Advertisment -