BerandaBakti TNI PolriGunung Merapi Muntahkan Guguran Lava Pijar

Gunung Merapi Muntahkan Guguran Lava Pijar

Gunung Merapi Muntahkan Guguran Lava Pijar

Jakarta-Beritabatam.com | Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur 400 meter ke arah Kali Krasak. Gunung Merapi satu kali meluncurkan guguran lava pijar selama periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, selama periode pengamatan itu, BPPTKG juga mendeteksi 25 kali gempa guguran beramplitudo 4-12 mm dengan durasi 16-68 detik, dua kali gempa fase banyak beramplitudo 7-8 mm dengan durasi 8-9 detik, dan satu kali gempa tektonik jauh beramplitudo 9 mm dengan durasi 238 detik.

Seperti dilansir dari Antara, asap kawah tidak keluar dari puncak Gunung Merapi. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur di kawasan gunung api itu.

Selama pengamatan pada Kamis (14/1) pukul 18.00-24.00 WIB, BPPTKG mencatat 17 kali guguran lava pijar keluar dari Gunung Merapi dengan jarak luncur 600 meter ke arah Hulu Kali Krasak.

BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Dampak letusan Gunung Merapi diperkirakan meliputi area dalam radius lima kilometer dari puncak.

BPPTKG meminta para pelaku usaha wisata dan pendaki tidak melakukan kegiatan kawasan yang rawan terdampak letusan Merapi.

Sumber : merdeka.com

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img