BerandaPERISTIWASelain “Habis Gelap Terbitlah Terang”, Ini 10 Kata Bijak Ibu Kita Kartini

Selain “Habis Gelap Terbitlah Terang”, Ini 10 Kata Bijak Ibu Kita Kartini

BERITABATAM.COM, JAKARTA – 21 April, hari bersejarah di Indonesia untuk mengenang tokoh perempuan. Tidak lain dan tidak bukan, tokoh perempuan itu adalah Raden Ajeng Kartini. Siapapun, di seluruh pelosok negeri mengenal dan mengenangnya di Hari Kartini.

Beragam kata bijak RA Kartini bermunculan setiap kali mengenang di hari pahlawan kemerdekaan nasional tepat di tanggal kelahirannya 21 April.

Salah satu perkataan beliau yang terkenal adalah “Habis gelap terbitlah terang”.

Bahkan, kata bijak tersebut diterbitkan dalam sebuah buku dengan judul tersebut.

Rupanya, tidak hanya itu kata bijak yang dibuat R.A Kartini dalam menyampaikan visi-misinya untuk mengajak rakyat semangat memajukan Indonesia dan tak mengenal lelah mengejar mimpi.

Berikut 10 kata bijak Ibu Kita Kartini yang dihimpun dari berbagai sumber:

1: Saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yang baik.

2: Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.

3: Jangan mengeluhkan hal–hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.

4: Teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

5: Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

6: Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain?

7: Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.

8: Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain.

9: Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

10: Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. (***)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img