[ads_karimun]
BerandaKEPRINATUNAPenuhi Rasa Keadilan di Masyarakat, Kejari Natuna Kembali Luncurkan Rumah Restorative Justice

Penuhi Rasa Keadilan di Masyarakat, Kejari Natuna Kembali Luncurkan Rumah Restorative Justice

BERITABATAM.COM, Natuna – Restorative Justice merupakan penyelesaian tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku, keluarga korban, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, atau pemangku kepentingan untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil melalui perdamaian dengan menekankan pemilihan kembali pada keadaan semula.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Natuna, Imam MS Sidabutar dan Bupati Natuna Wan Siswandi meresmikan Kampung Keadilan Restoratif (RJ) Umah Demei Restorative Justice Wan Lempam Desa Tanjung, Jumat, 27 Januari 2023.

Dalam sambutannya Kajari Natuna menyampaikan hadirnya rumah Restorative Justice ini merupakan tugas yang harus dijalankan.

Imam juga menjelaskan Syarat pelaksanaan restorative justice adalah termuat dalam Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif.

Bupati Natuna dalam sambutannya mengungkapkan ini merupakan kegiatan positif yang diinisiasi oleh Kejagung

“Harapan saya nantinya hadirnya RJ perkara-perkara kecil bisa diselesaikan sampai tingkat Desa dan bisa bermanfaat untuk masyarakat dalam memberikan edukasi permasalahan hukum,” terang Bupati.

Bupati juga menyampaikan rumah RJ punya peran besar dalam menyelesaikan permasalahan hukum dengan beberapa syarat tentunya.

Dalam kesempatan ini Bupati juga berpesan kepada Kepala Desa yang hadir agar untuk tertib administrasi dan mekanisme dalam sebuah pelaporan supaya tidak memiliki permasalahan hukum untuk kedepannya.

Peresmian Umah Demei Restorative Justice ini diresmikan secara simbolis ditandai dengan pemotongan pita dan pembukaan tirai.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Forkopimda, beberapa Kepala OPD, Ketua MUI Natuna, Ketua LAM, Forkopimcam, Kepala Desa Sekecamatan Bunguran Timur Laut. (redaksi)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Penuhi Rasa Keadilan di Masyarakat, Kejari Natuna Kembali Luncurkan Rumah Restorative Justice

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img