BerandaKEPRIKARIMUNBerstatus Zona Kuning RDDK Bersama IKT Kundur Gelar Donor Darah

Berstatus Zona Kuning RDDK Bersama IKT Kundur Gelar Donor Darah

Relawan Donor Darah Kepulauan Riau (RDDK) Korwil Karimun bersama IKT Karimun menggelar kegiatan donor darah
Relawan Donor Darah Kepulauan Riau (RDDK) Korwil Karimun bersama IKT Karimun menggelar kegiatan donor darah

KARIMUN – Beritabatam.com –  Persediaan stok darah terus menipis di seluruh Indonesia, hal ini tidak terlepas dari pandemi COVID-19.

Guna meminimalisir penyebaran virus tersebut, berbagai pembatasan sosial pun dilakukan pemerintah terkhusus di daerah yang berstatus zona merah hingga membuat kegiatan donor darah pun berkurang.

Problematika tersebut akhirnya mendorong Relawan Donor Darah Kepulauan Riau (RDDK) Korwil Karimun untuk kembali menggelar kegiatan donor darah.

Hal itu menyusul Karimun yang sudah berstatus zona kuning atau relatif aman untuk menggelar berbagai kegiatan di tengah masyarakat.

Bekerja sama dengan Ikatan Karyawan Timah (IKT) wilayah Kundur dan WenMart, RDDK Korwil Karimun memulai kegiatan donor darah perdananya di tengah pandemi COVID-19 di Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Minggu, (4/10/2020)

Dilansir dari kabarbatam.com, kegiatan tersebut mendapat antusias yang cukup tinggi dari masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.

“Alhamdulillah, pendonor yang datang pada kegiatan kita kali ini sebanyak 78 orang,” ujar Ketua RDDK Korwil Karimun, Muliono kepada Kabarbatam.com.

Dari 78 orang yang ingin menjadi pendonor tersebut, ia mengungkapkan hanya 60 orang yang dapat dilakukan pengambilan darah.

“Tidak semua pendonor kita lakukan pengambilan darah karena sebagian ada yang memiliki masalah pada kesehatannya,” katanya.

Muliono menjelaskan, kegiatan donor darah tersebut digelar sebagai upaya pihaknya untuk membantu pemerintah dalam ketersediaan stok darah bagi masyarakat.

Hal itu mengingat, stok darah di UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Karimun menipis akibat pandemi COVID-19.

“60 kantong darah yang berhasil terkumpul ini akan kita serahkan ke UDD PMI Karimun,” jelasnya.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa kegiatan donor darah merupakan agenda rutin RDDK korwil Karimun.

Sebab itu, pihaknya akan kembali menggelar kegiatan donor darah yang direncanakan akan dipusatkan di Pasar Puan Maimun, Kecamatan Karimun pada 18 Oktober 2020.

“Akan kita laksanakan kembali pada 18 Oktober 2020 dan kita harapkan dengan adanya kegiatan donor darah ini dapat membantu persediaan stok darah bagi masyarakat Karimun yang membutuhkan pertolongan,” ucap Muliono. (*)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img