BerandaKEPRIBATAMDanlantamal IV Hadiri Pemberangkatan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M Unifil Lebanon 2021

Danlantamal IV Hadiri Pemberangkatan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M Unifil Lebanon 2021

BERITABATAM.COM, Batam – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlatamal IV) Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, hadiri upacara pemberangkatan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-M Unifil Lebanon Tahun 2021 di Dermaga Utara Batu Ampar Batam Kepri, Jumat pagi (05/3/2021).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (HC) Hadi Tjahjanto, dimana didalam amanatnya mengatakan “Sejak tahun 2009 TNI telah mengirimkan kapal perangnya dibawah Unifil menandai kontribusi ke 13 TNI dalam Satgas dibawah bendera PBB,” tuturnya.

Dikatakan juga “Sebagai komponen maritim dalam misi Unifil, MTF memiliki peran sentral untuk menjaga stabilitas keamanan di laut dengan melakukanoperasi pencegahan masuknya senjata dan material terkait senjata secara tidak sah di Lebanon, selain itu untuk membantu meningkatkan kapasitas Angkatan Laut Lebanon agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara mandiri,” pungkasnya.

Ditempat yang sama dengan waktu yang berbeda, usai upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dihadapan awak media mengatakan “KRI Sultan Iskandar Muda–367 akan menggantikan KRI Sultan Hasanudin–366, keduanya kelas Sigma dimana KRI Sultan Hasanudin sudah bertugas di Libanon selama satu tahun,” sebutnya.

Kasal juga mengatakan “KRI SIM – 367 akan membawa Prajurit sebanyak 119 orang, dimana selama lintas laut selain melaksanakan latihan dengan Angkatan Laut eibanon juga membawa misi diplomatik,” jelasnya.

“KRI SIM–367 akan berlayar dihitung mulai hari ini tanggal 5 Maret, akan menempuh pelayaran selama 24 hari, diharapakan tiba di Beirut pada tanggal 29 Maret, kita doakan semoga KRI SIM–367 tiba tepat waktu dan KRI Sultan Hasanudin–366 bisa kembali ke Indonesia dengan selamat,” pungkas Kasal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolri, Gubernur Provinsi Kepri, Pangkogabwilhan I, Pangdam I/BB, unsur FKPD Provinsi Kepri dan unsur FKPD Kota Batam. (Dispen Lantamal IV Tanjungpinang)

ads ads
- Advertisment -spot_img
spot_img